7 Tips dan Trik Mencuci Piring yang Efektif

Suka memasak dan makan di rumah? Mencuci piring sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan bersih-bersih dapur sehabis memasak dan makan. Mungkin kamu sering merasa malas untuk mencuci piring sehingga tak jarang piring dibiarkan tergeletak begitu saja di tempat mencuci piring. Jika terus dibiarkan, hal ini berpotensi mendatangkan penyakit di dalam rumah, lho!

Nah, berikut ini Kania punya tips dan trik supaya kamu tidak malas lagi untuk mencuci piring. Yuk, langsung saja ikuti tujuh hacks saat mencuci piring di bawah ini!

Bilas Sebelum Mencuci Piring

cloudfront.net

Sisa makanan yang menempel di piring, sendok, atau garpu pasti sangat menyebalakan, apalagi jika kotorannya menempel dengan kuat sehingga sulit dibersihkan. Untuk menghindari hal ini, coba bilas piring-piring kotor terlebih dahulu sebelum mulai mencuci piring satu per satu. Untuk makanan berminyak, seperti krim, coba gunakan kertas atau tisu minyak sebagai alasnya agar piring tidak berminyak dan kamu pun lebih mudah saat mencuci piring tersebut. Trik mencuci piring ini dijamin akan mempercepat proses mencuci piring secara keseluruhan.

Jangan Menumpukkan Piring Kotor di Tempat Mencuci Piring

pinterest.com

Jangan biarkan tempat mencuci piring penuh dengan sisa-sisa makanan dan tumpukan piring kotor. Sebaiknya, kumpulkan dulu semua piring-piring kotor di suatu wadah, seperti baskom, kemudian bilas satu per satu, seperti tips mencuci piring yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, ada baiknya bagian bawah baskom diberi lubang kecil supaya air bisa mengalir dengan baik.

Merendam Peralatan Masak Sebelum Dicuci

bobvila.com

Tips mencuci piring yang satu ini lebih mengarah ke peralatan masak, seperti kuali, wajan, dan panci. Peralatan masak yang baru saja digunakan untuk memasak biasanya meninggalkan sisa makanan atau kotoran yang sulit dibersihkan dan berpotensi menjadi kerak. Oleh karena itu, sebelum mencucinya, coba rendam dulu dengan air dan beri sedikit cairan sabun. Cara mencuci piring ini sangat efektif untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak dari peralatan masak.

Mulai dari Piring Bersih sampai Piring Kotor

pinterest.com

Apakah kamu pernah merasa piring yang sedang dicuci menjadi semakin kotor? Hal ini mungkin karena kamu mencuci piring yang lebih kotor terlebih dahulu. Sikat atau spons yang digunakan untuk mencuci piring yang kotor karena bekas sisa makanan dapat tercemar menjadi kotor sehingga saat mencuci piring lainnya, piring tersebut pun jadi ikutan kotor.

Oleh karena itu, selalu pilih piring yang lebih bersih dan mudah dibersihkan saat mencuci piring. Sementara itu, piring yang sangat kotor lebih baik dicuci paling terakhir. Dengan demikian, spons atau sikat cuci bisa tetap lebih bersih dan tidak butuh dibilas berulang kali.

Mencuci Piring Menggunakan Air Panas? Pakai Sarung Tangan Khusus

homesthetics.net

Semakin panas air untuk mencuci piring, maka semakin mudah membuat kotoran dan noda menghilang. Selain itu, air pana juga dapat membuat piring menjadi bersih licin. Nah, untuk itu kamu memerlukan sarung tangan khusus untuk mencuci piring yang agak tebal. Dengan demikian, sarung tangan ini akan memudahkan kamu dalam mencuci piring yang harus menggunakan air dengan suhu panas. Pastikan sarung tangan tersebut memiliki kualitas yang baik agar tidak mudah rusak. 

Letakkan Piring di Permukaan yang Rata atau Baskom

pinimg.com

Di dapurmu tidak terdapat rak piring? Memiliki dapur yang kecil seringkali membuat kamu kekurangan ruang untuk meletakkan rak piring yang bisa membantu mengeringkan cucian piring. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan alas dengan permukaan yang rata atau menggunakan baskom untuk menampung piring yang sudah dicuci. Kamu bisa meletakkan alas atau wadah tersebut di dekat tempat mencuci piring agar memudahkanmu.

Gunakan Garam Untuk Noda Membandel

cdn.com

Tidak punya abu gosok di rumah? Gunakan saja garam saat membersihkan minyak dan noda membandel yang menempel pada panci atau pot masak. Tips mencuci piring yang satu ini pun sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menggunakan spons kering dan menambahkan sedikit garam yang bisa membuat efek abrasif secara instan. Untuk bagian dalam pot yang terkena bekas api, coba rendam dengan air dan taburkan juga beberapa sendok garam, lalu biarkan semalaman. Pada keesokan harinya, rebus air garam yang ada di dalamnya untuk mengurangi noda bekas terbakar secara maksimal.

Tidak sulit kan melakukan hacks mencuci piring di atas? Jangan lupa sikat juga bagian tempat mencuci piring agar tetap bersih. Dengan tips dan trik mencuci piring di atas, kamu pun akan semakin betah memasak dan mencuci piring.

Pastikan bahwa semua alat kebersihanmu tersedia di rumah. Jika belum, kamu bisa mencarinya di Dekoruma. Dekoruma jual alat kebersihan seperti sikat, sapu, pel, spons cuci piring, dan lain-lain.

Temukan juga beragam tips dan trik soal kegiatan di rumah, seperti cara mengatasi wc mampet, mengusir binatang-binatang, hingga menciptakan hunian yang nyaman di Dekoruma.

Selamat mencoba!