Inspirasi Model Mezzanine Rumah yang Efisien

Rumah bertingkat merupakan solusi paling mudah untuk mengatasi masalah keterbatasan luas tanah pada desain rumah mungil. Namun, tidak semua orang mampu mewujudkan rumah bertingkat, baik itu karena keterbatasan budget atau bangunan yang sudah terlanjur jadi. Untungnya, ada mezzanine yang fungsinya serupa dengan rumah bertingkat.

Mezzanine merupakan sebuah lantai tambahan yang fungsional dan berada di tengah-tengah dinding bangunan. Biasanya, luas mezzanine hanya sepertiga dari luas bangunan. Tinggi antara lantai mezzanine dengan model plafon lebih rendah dari lantai biasa. Kamu bisa memanfaatkan mezzanine ini sebagai ruang tidur, ruang belajar, atau ruang bersantai. 

Tertarik untuk menambah lantai mezzanine di rumah? Yuk, intip enam inspirasi desain mezzanine dari Kania berikut ini yang mampu membuat rumahmu jadi lebih space living dan hemat ruang!

Mezzanine untuk Interior Abad Pertengahan

pinterest.com

Rumah bergaya abad pertengahan ini memiliki mezzanine di atas dapur. Sebagai akses ke mezzanine ini, terdapat tangga dari material kayu tanpa pegangan. Selain hemat tempat, tampilan mezanine ini sangat serasi dengan gaya interior rumah secara keseluruhan. Mezzanine tersebut dilengkapi dengan dinding kaca yang sedikit terbuka untuk jalur keluar masuk.

Dengan penggunaan dinding kaca tersebut, kamu bisa melihat mezzanine dengan jelas dari lantai bawahnya. Jika dilihat melalui dinding kaca, pada mezzanine ini terdapat sofa bed, meja tv, dan hiasan dinding yang dekoratif. Area tersebut pun terlihat lebih lapang dan terang.

Mezzanine untuk Kamar Tidur Kakak-Beradik

pinterest.com

Jumlah kamar yang terbatas seringkali memaksa kakak-beradik untuk berbagi ruangan kamar. Di Indonesia sendiri, hal tersebut sudah cukup lumrah. Meski begitu, jangan biarkan mereka merasa kehilangan privasi dan kekurangan ruang penyimpanan.

Sebagai solusinya, kamu bisa membuat mezzanine di dalam kamar tidur mereka. Mezzanine tersebut bisa dimanfaatkan sebagai area belajar atau ruang untuk menyimpan koleksi mainannya. Jangan lupa, gunakan furnitur multifungsi dan sederhana supaya kamar tidur ini lebih efisien dan tidak terlihat sumpek, ya!

Mezzanine Minimalis dengan Langit-Langit Rendah

home-designing.com

Banyak orang yang ragu membuat mezzanine di tengah rumah dengan langit-langit rendah. Hal ini karena mereka takut rumah jadi terasa sempit dan kepala mudah terbentur langit-langit. Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian, seperti yang terlihat pada model rumah minimalis di atas.

Lantai tambahan ini berada di atas ruang penyimpanan yang jarang dilalui. Dengan demikian, risiko kepala terbentur pun lebih kecil. Pada inspirasi ini, mezzanine dimanfaatkan sebagai area tidur. Langit-langit yang rendah tidak menjadi masalah karena kamu hanya berbaring di sana. Untuk lebih hemat tempat, minimalisir jumlah perabotan supaya kamu lebih leluasa bergerak. Cukup gunakan kasur dan lampu tidur saja pada mezzanine tersebut.

Mezzanine dengan Penerapan yang Efisien

pinterest.com

Untuk kamu yang tidak suka menyia-nyiakan spot di dalam rumah, desain mezzanine ini merupakan ide yang tepat karena akan membuat rumahmu lebih space-saving. Area di bawah mezzanine ini bisa digunakan untuk berlalu-lalang. Selain itu, kerangka penopangnya bisa dimanfaatkan menjadi lemari penyimpanan dan tangganya pun bisa difungsikan sebagai rak buku

Bagian dinding pembatas pada mezzanine ini dibuat dari kawat besi dan tidak menyentuh langit-langit sehingga kamu dapat menggantungkan aneka tanaman hias gantung. Efisiennya lagi, mezzanine ini tidak menghalangi pencahayaan ke area lainnya sehingga suasana rumah tetap cerah.

Ruang Kerja dan Perpustakaan di Mezzanine

architecturaldigest.com

Ingin memiliki ruang kerja dan perpustakaan pribadi? Kamu bisa meniru desain mezzanine yang satu ini. Semua sudutnya disulap menjadi rak buku. Pada satu sisi terdapat meja dan kursi kerja yang bisa kamu manfaatkan sebagai area kerja pribadi.

Selain itu, di area tersebut juga terdapat model jendela dengan bingkai kayu yang berukuran cukup besar. Dengan demikian, saat merasa bosan bekerja, kamu bisa melihat pemandangan di luar rumah. Membaca buku di siang hari pun terasa nyaman karena suasananya terang dan asri. Tambahkan juga karpet supaya suasana lebih hangat dan nyaman sehingga kamu pun betah berlama-lama di mezzanine ini.

Mezzanine dengan Atap Segitiga

pinterest.com

Membuat mezzanine beratap segitiga membutuhkan pertimbangan yang matang. Hal ini karena sisi kanan dan kiri sangat rendah sehingga jalur keluar masuk harus berada di tengah. Supaya tangganya tidak menghalangi jalur ke ruang di bawahnya, pilihlah tangga yang dapat digeser. Sementara itu, buatlah jendela di bagian atap sebagai sumber pencahayaan alami. Meskipun sedikit merepotkan dalam pemasangannya, tapi kamu akan mendapatkan kenyamanan yang sebanding.

Selain memilih desain mezzanine, perhatikanlah material dan konstruksi yang digunakan. Dengan demikian, mezzanine akan lebih awet dan aman bagi penghuni rumah. Sudah siap untuk membangun mezzanine impianmu?

Lengkapi area mezzanine milikmu dengan furnitur dan peralatan rumah tangga dari Dekoruma! Dekoruma jual laci, rak dinding, sofa, bean bag, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual kasur King Koil, Comforta, dan Dunlopillo untuk kamar tidurmu, lho! Lengkap banget, ‘kan? Yuk, cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma dan selamat meniru desain mezzanine di atas!