Ciri Khas Pondasi Batu Kali untuk Bangunan

Jenis pondasi rumah atau bangunan sangatlah beragam, seperti pondasi cakar ayam, tiang pancang, atau sumuran. Namun, salah satu yang paling populer digunakan adalah pondasi batu kali karena terkenal kukuh, tahan lama, dan sangat mudah ditemukan di pasaran.

Memiliki karakter yang berbeda dengan jenis pondasi rumah lainnya, berikut ini Kania akan membagikan informasi terkait pondasi batu kali sehingga kamu bisa memilih pondasi yang tepat untuk hunianmu. Untuk selengkapnya, yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Meminimalisir Kebocoran dengan Pondasi Batu Kali

youtube.com

Karakter pertama dari pondasi batu kali adalah kemampuannya untuk meminalisir segala jenis kebocoran. Jika rumahmu dibangun dengan pondasi batu kali, lingkungan akan jauh lebih sehat dan terjaga karena tidak mudah terjadi kebocoran, seperti gas, banjir, bahkan sulit terkena serangan jamur.

Karakter Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

thiscobhouse.com

Selain itu, pondasi batu kali juga memiliki karakter konstruksi yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Dengan demikian, proses pengerjaan pondasi batu kali ini pun semakin praktis.

Dalam pengaplikasiannya, bahan baku yang digunakan dalam pembuatan pondasi batu kali ini tidak terlalu banyak sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran. Tak hanya itu, kebutuhan penggunaan alat berat pun bisa diminimalisir sehingga pondasi batu kali sangat cocok digunakan oleh kamu yang memiliki budget terbatas.

Pondasi Batu Kali Dapat Memperkuat Masa Bangunan

squarespace.com

Pondasi batu kali sudah dimanfaatkan untuk pembuatan bangunan sejak dari dahulu karena memiliki karakter yang awet dan tahan lama dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Berkat hal tersebut, pondasi batu kali pun sangat efektif dalam membuat struktur bangunan yang dibangun di atasnya semakin kuat dan kukuh.

Tingkatkan Efisiensi Waktu Pembangunan dengan Pondasi Batu Kali

pinterest.com

Secara umum, pondasi batu kali hanya memerlukan waktu pengerjaan yang singkat, sama seperti saat memakai pondasi batu bata. Dengan demikian, jenis pondasi batu kali ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang memiliki rencana pembangunan dengan tingkat efisiensi waktu yang tinggi.

Penggunaan Pondasi Batu Kali untuk Bangunan Tahan Gempa

dreamstime.com

Karakter lain yang dimiliki oleh pondasi batu kali adalah daya tahannya yang tinggi terhadap guncangan, seperti gempa. Pondasi batu kali ini dapat dikombinasikan dengan teknik pemasangan strauss pile atau bore pile agar daya tahan bangunan terhadap guncangan semakin prima serta dapat meredam getaran dari dalam tanah ataupun lingkungan di sekitar bangunan.

Pemasangan Pondasi Batu Kali Lebih Fleksibel

decorexpro.com

Cocok diaplikasikan sebagai pondasi umpak atau pondasi menerus pada pembangunan rumah, pondasi batu kali juga sangat fleksibel karena ukurannya dapat disesuaikan dengan mudah berdasarkan lebar bangunan. Dengan begitu, daya topang terhadap beban menjadi semakin maksimal serta dapat meminimalisir ketidakakuratan pondasi pada bangunan rumahmu.

Pondasi Batu Kali Berbiaya Murah dan Mudah Ditemukan

decorexpro.com

Seperti yang Kania sebutkan sebelumnya di atas, pemasangan pondasi batu kali tidak memerlukan alat berat sehingga dapat meminimalisir pengeluaran biaya. Selain itu, bahan baku utama yang berupa pasir, semen, dan batu kali pun harganya tergolong murah dan sangat mudah ditemukan di toko material sehingga cocok untuk menyiasati biaya pembangunan rumah yang murah, tapi tetap berkualitas.

Gunakan Pondasi Batu Kali pada Kondisi Tanah Stabil

dalombamasonry.com

Meskipun memiliki banyak keunggulan, tapi pondasi batu kali tidak bisa digunakan pada semua jenis tanah. Pondasi batu kali sebaiknya diaplikasikan pada kondisi tanah yang stabil karena jika terjadi pergeseran tanah ataupun akar pohon bisa menimbulkan masalah, seperti struktur dinding yang mengalami keretakan. Oleh karena itu, pastikan penggunaan pondasi batu kali telah disesuaikan dengan kondisi tanah di lingkunganmu, ya!

Melalui ulasan dan penjelasan mengenai karakter pondasi batu kali di atas, diharapkan kamu bisa memilih jenis pondasi secara tepat dan sesuai menurut kondisi lingkungan dan desain bangunan yang akan dibuat.

Jangan lupa, simak terus informasi dan inspirasi lain yang akan Kania bagikan setiap hari di Dekoruma. Jika kamu sedang mencari furnitur atau aksesoris rumah, kamu juga bisa menemukannya di Dekoruma dengan kualitas yang terjamin. Dekoruma jual kursi bar, meja makan, sofa minimalis, dan lainnya.

Tak ketinggalan juga, nih dari dunia properti. Melalui Dekoruma Properti, kamu bisa menemukan aneka properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Bintaro, rumah baru di Jakarta Selatan, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!