Mengenal Model Hunian Co Living yang Sedang Populer

Di era modern seperti sekarang ini, ada banyak konsep hunian baru yang bisa kamu pilih. Adapun, masing-masing konsepnya memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri yang bisa kamu sesuaikan berdasarkan kebutuhan ataupun anggaran yang kamu miliki.

Saat ini, salah satu konsep hunian yang sedang ngetren adalah co living karena menawarkan opsi baru atas kebutuhan tempat tinggal anak muda di kawasan perkotaan. Jika kamu tertarik mencari tahu mengenai apa itu hunian co living beserta dengan kelebihan dan kekurangannya, Kania akan menjelaskan lebih detail mengenai konsep hunian co living pada ulasan di bawah ini. Simak sampai habis, ya!

Sejarah Konsep Hunian Co Living

archpaper.com

Co living atau communal living merupakan konsep hunian bersama yang menyerupai desain asrama untuk menampung banyak penghuni sekaligus. Konsep co living telah hadir sejak abad ke-19 di negara-negara barat sebagai solusi tempat tinggal bagi siswa sekolah, mahasiswa, biarawan, hingga tentara pasca perang. Hal ini karena biaya hunian saat itu sangatlah mahal, sedangkan co living menawarkan biaya untuk tinggal yang lebih murah dan berlaku untuk jangka waktu sewa yang pendek.

Perkembangan Konsep Co Living di Era Modern

pinterest.com

Sejak tahun 2010, konsep hunian co living kembali menjadi tren di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Umumnya, konsep hunian co living ini dipilih oleh kalangan anak muda yang belum berkeluarga. Selain itu, konsep hunian co living ini juga populer karena menawarkan kenyamanan, perabotan lengkap, dan manajemen yang profesional sehingga jauh berbeda dibandingkan hunian kos.

Tak hanya itu, biasanya hunian co living juga berlokasi di kawasan yang strategis. Dengan demikian hunian co living ini memudahkan penghuni untuk mengakses perkantoran, sarana perbelanjaan, layanan pemerintah, kampus, serta rumah sakit.

Bentuk Hunian Co Living

pinterest.com

Dalam pengoperasiannya, hunian co living biasanya memanfaatkan rumah unfinished hingga apartemen existing berkonsep mewah. Pada hunain co living, kamu bisa menyewa unit kamar yang terdapat pada bangunan tersebut. Sementara itu, untuk aktivitas lainnya, seperti memasak, makan, hingga bekerja bisa dilakukan melalui fasilitas bersama yang turut disediakan oleh pemilik hunian co living.

Hal yang menarik, desain interior pada hunian co living ini kerap dirancang dengan sangat stylish yang sesuai dengan karakter milenial. Bahkan, penghuni pun tak perlu repot untuk mengurus pekerjaan rumah karena kebutuhan tersebut telah diatur oleh manajemen profesional yang turut menyediakan layanan kebersihan.

Fasilitas Konsep Hunian Co Living

design-milk.com

Para penghuni yang menyewa unit kamar di dalam hunian co living akan mendapatkan koneksi dan akses ke fasilitas bersama yang terdapat di dalam bangunan. Beberapa hunian co living biasanya juga turut dilengkapi dengan fasilitas ruang santai bersama, gym, kolam renang, ruang meeting, rooftop garden, kafetaria, hingga space kerja yang nyaman untuk digunakan para penghuni. Dalam biaya sewa yang dibebankan, biasanya harga tersebut sudah mencakup layanan internet dan biaya perawatan. Menarik banget, ya tinggal di hunian co living!

Kelebihan Hunian Co Living

twitter.com

Daripada menyewa satu unit apartemen, lebih baik kamu menyewa satu kamar di hunian co living. Hanya cukup membayar biaya sewa kamar saja, kamu sudah bisa mendapatkan akses ke sejumlah fasilitas yang disediakan pengelola hunian co living. Meskipun harga sewanya lebih mahal daripada hunian kos, tapi pengelolaan hunian ini dilakukan secara profesional sehingga lebih bersih dan terawat.

Tak hanya itu, konsep hunian co living juga sangat ideal dipilih oleh kamu yang memiliki mobilitas tinggi karena umumnya hunian co living terletak di tengah-tengah kota. Hunian co living juga sangat baik untuk menunjang kamu bersosialisasi dengan penghuni lainnya.

Kekurangan Hunian Co Living

businessinsider.sg

Ada kelebihan, ada juga kekurangannya. Kekurangan dari hunian co living ini sangatlah sederhana, yaitu tingkat privasimu jadi berkurang karena harus tinggal dengan penghuni lainnya. Namun, penyedia hunian co living sebenarnya sudah memikirkan dan mengatasi hal ini dengan membatasi setiap ruangan dan fasilitas yang digunakan bersama.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk tinggal di hunian dengan konsep co living? Jika tertarik, pastikan kamu memilih hunian yang dikelola oleh pengelola profesional dan memiliki lokasi strategis agar dapat menunjang mobilitasmu. Jangan lupa, pertimbangkan juga fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh pihak pengelola hunian co living.

Jangan lupa, temukan inspirasi dan informasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Kamu juga bisa menemukan produk rumah tangga, seperti furnitur dan dekorasi dengan beragam model dan ukuran. Dekoruma jual meja TV, coffee table, rak dinding, sofa, dan lampu gantung. Buat kamu yang baru saja memiliki sang buah hati, Dekoruma juga jual tempat tidur bayi, lho!

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual peralatan dapur seperti panci, kompor, spatula, dan lainnya. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!