Penggunaan Minyak Kayu Putih untuk Rumah Tangga

Masyarakat Indonesia sangat lekat dengan penggunaan bahan alami untuk masalah kesehatan, misalnya saja minyak kayu putih.Hampir semua orang pasti pernah mencoba atau memiliki minyak kayu putih di rumahnya. Begitu juga dengan kamu, ‘kan?

Sesuai dengan namanya, minyak kayu putih ini diolah dari tanaman kayu putih yang mengandung zat atsiri. Aromanya sangat menenangkan dan minyaknya mampu menghangatkan tubuh serta meredakan gatal-gatal akibat gigitan serangga. Tidak hanya untuk kesehatan, minyak kayu putih juga bermanfaat untuk urusan rumah tangga, lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak pembahasan Kania mengenai manfaat minyak kayu putih untuk urusan rumah di bawah ini!

Minyak Kayu Putih sebagai Pengusir Kutu

thesprucepets.com

Bagi pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, masalah kutu cukup meneror keseharian sehingga rumah jadi kotor dan tidak nyaman. Hewan peliharaan yang terserang kutu menjadi lemas dan penghuni rumah pun punya peluang tergigit juga. Namun, jangan khawatir karena ternyata kutu-kutu tersebut takut dengan minyak kayu putih.

Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengusir kutu-kutu tersebut. Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada bak yang sudah berisi air. Setelah itu, mandikan hewan peliharaanmu dengan campuran minyak kayu putih tersebut. Bila perlu, semprotkan campuran minyak kayu putih tadi ke sudut-sudut rumah untuk mencegah kutu bersarang.

Minyak Kayu Putih sebagai Aromaterapi

etsy.com

Apakah kamu sedang menghadapi hari-hari yang sulit sehingga pikiran terasa banyak beban dan sumpek? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan minyak kayu putih sebagai aromaterapi. Sama seperti manfaat aromaterapi pada umumnya, aroma minyak kayu putih mampu memberikan sinyal kepada otak untuk merasa lebih tenang. Dengan demikian pikiran dan tubuh pun jadi lebih rileks.

Tak hanya itu, suasana rumahmu juga akan terasa lebih hangat. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, teteskan minyak kayu putih pada tungku aromaterapi, kemudian tambahkan sedikit air supaya proses penguapannya lebih tahan lama.

Minyak Kayu Putih untuk Atasi Baret pada Permukaan Kaca

specscart.co.uk

Dalam kegiatan sehari-hari, pasti ada saja permukaan kaca yang baret akibat gesekan benda tajam, seperti kacamata, kaca mobil, atau layar smartphone. Biasanya baret yang ditimbulkan tidak terlalu parah sehingga orang-orang cenderung merasa sayang kalau benda-benda tersebut diganti secara menyeluruh. Namun, tetap menyebalkan kalau dibiarkan begitu saja. Jika kamu sering mengalami hal demikian, coba deh atasi baret tersebut dengan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih mampu menghilangkan baret pada permukaan kaca. Caranya pun tidak sulit. Pertama-tama, sediakan tisu atau kain lembut sebagai alat bantu untuk mengelap permukaan kaca. Setelah itu, teteskan minyak kayu putih pada permukaan kaca yang baret, kemudian gosok menggunakan tisu atau kain tadi. Baret pun akan menghilang secara perlahan. Namun, trik ini tidak disarankan untuk permukaan kaca yang dicat karena bisa membuatnya luntur atau mengelupas.

Minyak Kayu Putih untuk Menghilangkan Jamur pada Kaca

pinterest.com

Kehadiran jamur pada permukaan kaca atau cermin akan membuatnya terlihat kusam dan tidak baik untuk kesehatan penghuni rumah. Yuk, periksa semua perabotan rumah yang menggunakan material kaca di rumah. Apakah ada yang berjamur? Jika iya, segera basmi dengan minyak kayu putih. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada area yang berjamur. Setelah itu, gosok perlahan menggunakan kain lap hingga bersih.

Minyak Kayu Putih untuk Membersihkan Bekas Lem yang Lengket

pinterest.com

Melepaskan label harga pada barang bisa jadi menyebalkan kalau lemnya terlalu kuat sehingga barang tersebut jadi lengket dan ada bekas lemnya. Bekasnya yang lengket tersebut dapat mengurangi nilai dan tampilan estetika barang. Menggosoknya dengan benda tajam hanya akan merusak permukaan barang. Nah, untuk menghilangkan bekas tersebut, gunakan saja minyak kayu putih yang sangat ampuh untuk membersihkan bekas lem yang membandel.

Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

verywellhealth.com

Minyak kayu putih memiliki kandungan dekongestan yang ampuh meringankan masalah pernafasan. Saat tenggorokanmu terasa tidak nyaman dan hidung tersumbat, hiruplah aroma minyak kayu putih. Dijamin pernafasanmu akan terasa lebih lega nyaman dan hangat.

Saat berada di rumah, bisa saja kamu mengalami kram otot. Nah, sifat analgesik pada minyak kayu putih juga mampu meredakan kram otot yang kamu derita. Tak hanya itu, saat kamu digigit oleh nyamuk, oleskan saja minyak kayu putih pada permukaan kulit yang gatal. Dengan demikian, rasa gatal itu pun akan menghilang secara perlahan.

Terakhir ada manfaat minyak kayu putih yang paling disukai masyarakat, yaitu mengatasi perut kembung dan masuk angin. Caranya cukup dibalurkan pada perut dan punggung. Kalau mau lebih hangat, silakan campur dengan potongan bawang merah.

Setelah mengetahui aneka manfaat di atas, tampaknya kamu tidak boleh kehabisan minyak kayu putih. Yuk, cek stok minyak kayu putih di rumahmu dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Selain informasi di atas, temukan juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma. Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan furnitur, dekorasi, hingga berbagai peralatan dapur untuk kebutuhan rumah tanggamu.

Untuk peralatan dapur, Dekoruma jual saringan, cetakan kue, panci, dan kompor. Tak ketinggalan, Dekoruma juga jual KitchenAid, lho, merek peralatan dapur terkenal yang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!