Mengenal Serba-Serbi Kayu Merbau

Sering digunakan sebagai bahan utama bangunan rumah, furnitur, dan perabotan, kayu merupakan salah satu material yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Terlebih lagi, kayu terdiri dari berbagai jenis yang masing-masing memiliki tampilan dan keunggulanya tersendiri.

Dari sekian banyak jenis material kayu, seperti kayu gaharu dan mahoni, kayu merbau menjadi salah satu yang juga kerap digunakan untuk kebutuhan pembangunan rumah dan furnitur. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan kayu merbau, sebelum menggunakannya, coba simak dan pahami dulu serba-serbi tentang kayu merbau dari Kania berikut ini!

Asal Usul Kayu Merbau

google.com

Jenis kayu merbau  diolah dari pohon merbau atau ipil yang merupakan anggota suku Fabaceae. Pohon merbau ini  banyak tumbuh di daerah luar pulau Jawa, seperti Sulawesi, Kalimantan, Papua, hingga Maluku. Pohon yang menjadi cikal bakal kayu merbau ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 50 meter. Kayu merbau juga sering disebut kayu besi karena karakternya yang keras sehingga kayu merbau juga cocok digunakan untuk pembuatan konstruksi rumah, jembatan, hingga badan truk.

Karakter Warna dan Tekstur Kayu Merbau

demak.com.au

Dari segi tekstur, kayu merbau memiliki karakter yang cenderung kasar dengan serat berbentuk melintang lurus. Namun, ada pula kayu merbau dengan tekstur yang tidak beraturan. Dengan demikian, penggunaan kayu merbau ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Sementara itu, karakter warna dari kayu merbau adalah kuning kecoklatan, coklat kemerahan, hingga sedikit kehitaman. Pada umumnya, warna-warna dari kayu merbau ini tergolong mirip dengan kayu jati sehingga sering digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati.

Tingkat Kekerasan Kayu Merbau

timberdirect.com.au

Seperti yang disebutkan di atas, kayu merbau mempunyai tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu, kayu merbau ini juga tergolong sebagai golongan kayu berat sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari bahan pembuatan konstruksi rumah, material untuk membuat kusen pintu dan jendela, material utama produksi lantai parket, hingga pembuatan tiang. Tak hanya itu, banyak pula yang memanfaatkan kayu merbau sebagai material pembuatan furnitur, seperti meja, kursi, rak TV, hingga dekorasi ukiran dengan finishing mengkilap yang terkesan mahal.

Kayu Merbau Awet dan Tahan Lama

surglas.com

Berkat tingkat kekerasan kayu merbau yang tergolong tinggi, maka hal tersebut turut mempengaruhi keawetan dari material yang satu ini. Kayu merbau memiliki daya tahan yang prima terhadap berbagai kondisi cuaca sehingga bisa kamu gunakan sebagai bahan pembuatan mebel khusus outdoor, seperti kursi teras atau meja teras

Tak hanya itu, kayu merbau juga memiliki keunggulan anti rayap dan anti jamur sehingga penggunaannya lebih tahan lama. Jika kayu merbau diolah dengan teknik pengeringan, maka potensi kerusakan dari kayu merbau menjadi semakin kecil karena dapat meminimalisir adanya kerusakan, seperti retak serta tidak mudah mengalami penyusutan.

Harga Ekonomis Kayu Merbau

pinterest.com

Ketimbang kayu jati, kayu merbau dijual dengan harga yang lebih ekonomis sehingga cocok digunakan oleh kamu yang ingin membuat furnitur berkelas, tapi tetap hemat budget. Bahkan, harga murah tersebut pun akan mempengaruhi anggaran yang kamu keluarkan  secara keseluruhan jadi lebih sedikit sewaktu membuat furnitur atau membangun rumah. Hal menarik lainnya, ketersediaan kayu merbau ini cukup mudah ditemukan sehingga kamu tak perlu repot untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Kekurangan Kayu Merbau

kroyafloors.co.id

Meskipun kayu merbau memiliki tingkat kekerasan yang tinggi sehingga membuat produk yang dihasilkan lebih awet dan tahan lama, tapi sifat tersebut membuat pengolahan kayu merbau cukup sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyerahkan pengerjaan pembuatan furnitur dengan kayu merbau kepada ahli yang lebih berpengalaman untuk meminimalisir kerusakan.

Menjadi alternatif terbaik pengganti kayu jati, kayu merbau memiliki berbagai kelebihan, terutama dari segi kekuatannya. Tertarik menggunakan kayu merbau?

Temukan aneka furnitur dan dekorasi yang terbuat dari material kayu di Dekoruma! Dekoruma jual rak kayu, lemari pakaian, dan sofa. Dekorasi pun tersedia dengan ragam variasi, seperti bingkai foto, lukisan, dan cermin.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan berbagai jenis kasur dengan material berkualitas dari merek-merek ternama, lho! Beberapa di antaranya adalah spring bed The Luxe, King Koil, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!