Mengenal Ciri Khas Rumah Adat Padang

Rumah adat Padang menjadi salah satu rumah adat di Indonesia yang paling populer. Popularitas rumah adat Padang yang punya julukan rumah Gadang ini dikarenakan memiliki banyak karakteristik tersendiri di dalamnya, yang mana karakteristik tersebut belum tentu dimiliki oleh rumah adat lainnya.

Berbagai ciri khas atau karakteristik dari rumah adat Padang seakan menyatakan bahwa rumah adat ini bukan sekadar bangunan, melainkan penuh dengan filosofi yang berkaitan dengan sukunya. Oleh karena filosofi rumah adat Padang tersebut, belum tentu kamu akan menemukan karakteristik serupa pada jenis rumah adat nusantara lainnya.

Penasaran apa saja karakteristik dari rumah adat Padang? Berikut ini Kania akan membagikan lima karakteristik rumah adat Padang yang lengkap dengan gambarnya. Dengan demikian, kamu tidak akan penasaran dan bingung lagi. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Rumah Adat Padang Berbentuk Rumah Panggung

google.com

Jika kamu perhatikan, rumah adat Padang pasti memiliki kesan yang mewah. Kesan tersebut salah satunya ditimbulkan dari bentuk rumah panggung yang tinggi pada rumah adat Padang. Lantai rumah adat Padang tidak langsung menyentuh tanah, melainkan ditopang oleh kayu-kayu hingga berbentuk panggung yang tingginya bisa mencapai dua meter.

Bentuk panggung pada rumah adat Padang ini dibuat bukan tanpa alasan. Pasalnya, pada masa lampau, di kawasan Sumatera ada banyak binatang buas yang berkeliaran. Nah, pembangunan hunian dengan model rumah panggung dianggap menjadi cara paling aman untuk menghindari serangan binatang buas.

Rumah Adat Padang Hanya Memiliki Satu Tangga Masuk

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Dengan bentuk rumah panggung, tiap rumah adat Padang pasti memiliki tangga untuk masuk ke bagian dalam rumah. Umumnya, tangga yang digunakan adalah model tangga kayu. Uniknya, sebesar apapun ukuran rumah adat Padang, tangga masuknya hanya ada satu.

Keberadaan satu tangga pada rumah adat Padang ini pun memiliki filosofi yang terkait Ketuhanan. Makna dari satu tangga menuju dalam rumah menandakan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Keren banget, ya tangga saja ada filosofinya.

Tanda Kejayaan pada Atap Rumah Adat Padang

youtube.com

Karakteristik lain dari rumah adat Padang yang sangat mencolok ada pada bagian atapnya. Kamu akan mudah mengenali rumah adat Padang karena memiliki model atap yang sangat runcing di sisi kanan maupun kirinya. Atap rumah adat Padang yang dikenal dengan istilah Gonjong ini dibuat sebagai tanda kejayaan masyarakat Padang.

Uniknya lagi, model atap rumah adat Padang ini diambil dari bentuk tanduk kerbau. Mengapa tanduk kerbau? Hal ini karena pada masa lalu masyarakat Padang berhasil memenangkan pertandingan adu kerbau dengan raja Jaya. Untuk mengingat kemenangan tersebut, lambang tanduk kerbau akhirnya dijadikan sebagai model atap rumah adat Padang.

Rumah Adat Padang Penuh Ornamen Lambang Keselarasan

pinterest.com

Dinding pada rumah adat Padang biasanya terlihat sangat meriah kar ena dipenuhi dengan ornamen-ornamen sebagai dekorasi. Tidak hanya sekadar ukiran, beberapa rumah adat Padang yang besar bahkan sering kali menampilkan ornamen berwarna-warni sehingga membuat rumah Gadang semakin terlihat mewah dan megah.

Bentuk ukiran pada ornamen dinding rumah adat Padang ini biasanya melambangkan flora dan fauna. Motif tersebut pun memiliki filosofi tersendiri yang menandakan bahwa masyarakat Padang hidup selaras dengan alam di sekitarnya, baik tumbuhan maupun hewan.

Rumah Adat Padang Tak Lepas dari Lumbung Padi

pinterest.com

Biasanya, di bagian depan rumah adat Padang terdapat satu bangunan unik yang tidak luput dari pandangan mata. Sepintas, model bangunan tersebut mirip dengan rumah adat Padang itu sendiri, tapi ukurannya jauh lebih kecil. Nah, bangunan tersebut sengaja dibuat berukuran lebih kecil karena memang bukan untuk tempat tinggal penghuni, melainkan sebagai lumbung padi atau yang disebut sebagai Rangkiang.

Tiap rumah adat Padang pasti memiliki beberapa lumbung padi di bagian depan rumahnya. Secara adat, idealnya ada tiga lumbung pada rumah adat Padang. Ketiga lumbung tersebut pun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada lumbung dengan sebutan Rangkiang Sitinjau Lauik yang dikhususkan sebagai penyimpanan beras untuk upacara adat, ada Rangkiang Sitangka Lapa yang berisi beras untuk disumbangkan ke wilayah kelaparan, dan ada juga Rangkiang Sibayau-Bayau sebagai tempat penyimpanan beras untuk sehari-hari. 

Kelima karakteristik yang unik dari rumah adat Padang di atas membuat jenis rumah adat ini semakin menarik. Nah, apakah kamu tertarik mengunjungi rumah adat Padang untuk melihat semua karakteristiknya secara langsung?

Selain informasi menarik di atas, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma. Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan produk furnitur, dekorasi, dan peralatan rumah tangga, lho!

Kalau kamu sedang mencari kasur, Dekoruma jual aneka jenis kasur dari berbagai merek terkenal, seperti kasur The Luxe, King Koil, dan Comforta. Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma sekarang juga!