Macam-Macam Pohon Besar yang Menakjubkan di Dunia

Pohon memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan bumi beserta segala makhluk hidup yang ada di dalamnya. Fungsi pohon pun sangat beragam, mulai dari mengurangi polusi udara, menyediakan air bersih, menyediakan sumber makanan, mengendalikan banjir, hingga menjadi tempat tinggal sejumlah satwa. Sementara itu, pohon juga memiliki fungsi bonus, yaitu untuk meningkatkan nilai estetika di lingkungan, terutama pohon besar yang lebih jelas terlihat.

Pohon besar kerap kali menjadi pusat perhatian karena ukurannya, apalagi kalau bentuk dan warna daunnya sangat indah. Nah, berikut ini Kania sudah mengumpulkan enam pohon besar yang terkenal di dunia untukmu. Penasaran? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Pohon Besar Wisteria

picserio.com

Jenis bunga Wisteria umumnya digunakan untuk menghias terowongan dan rumah-rumah. Namun, tahukah kamu kalau di Jepang ada pohon besar Wisteria? Pohon besar ini telah berumur 150 tahun dan memegang rekor sebagai pohon berbunga paling tua di Jepang. Bunga-bunganya menjuntai ke bawah dan menutupi bagian ranting-rantingnya. Sementara itu, batang utama pada pohon besar Wisteria ini memiliki bentuk yang meliuk cantik. Saat kamu ke Jepang, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan pohon besar nan cantik ini, ya!

Pohon Besar Giant Sequoia

britanica.com

Pohon besar Giant Sequoia adalah pemegang rekor pohon terbesar di dunia. Tinggi pohon besar ini berkisar dari 45 meter hingga 85 meter, sedangkan diameternya mencapai delapan meter. Habitat utama pohon besar Giant Sequoia ini ada di Amerika Utara. Namun, kebanyakan pohon besar ini berada di Taman Nasional Sequoia, California. Ukurannya yang besar pun sebanding dengan masa hidupnya, yakni 2.000 tahun. 

Ada satu pohon besar Giant Sequoia yang jauh dari ukuran rata-rata, yang mana tingginya mencapai 94 meter dan diameternya 17 meter. Pohon ini dikenal dengan sebutan General Sherman. Nah, kalau kamu berlibur ke California, jangan lupa untuk sempatkan diri melihat pohon besar ini secara langsung, ya!

Pohon Besar Coast Redwood

inhabitat.com

Tidak hanya memiliki diameter yang besar, pohon besar dengan nama Coast Redwood ini terkenal karena ukurannya yang sangat tinggi. Rekor tertinggi yang dimiliki oleh pohon besar ini adalah 115,92 meter. Pohon tersebut diberi nama Hyperion dan berdiam di Taman Nasional Redwood. Bentuk batang pohon besar ini ramping dan memiliki tekstur yang dalam. Usia rata-rata pohon besar Coast Redwood adalah 1.200 hingga 1.800 tahun. Tampilan pohon besar ini dijamin akan membuatmu terpukau.

Pohon Besar Kauri

matadornetwork.com

Pohon besar berikutnya adalah pohon Kauri yang tingginya mencapai 50 meter dan volume batangnya 518 meter kubik. Habitat pohon besar Kauri ada di Hutan Waipoua, Selandia Baru. Tak kalah dengan pohon besar lainnya, usia pohon Kauri ini bisa mencapai 2.500 tahun. Bentuk pohon besar ini menyerupai menara dengan batangnya yang tumbuh ramping. Sementara itu, dahan-dahannya hanya tumbuh di bagian atas dan daunnya kecil-kecil, tapi tetap rimbun.

Pohon Besar Dragon’s Blood

leaflimb.com

Pohon Besar Dragon’s Blood tidak mendapatkan julukannya secara asal atau sembarangan. Nama asli pohon besar ini adalah Dracaena Cinnabari. Sementara itu, julukannya berasal dari getah berwarna merah darah yang muncul saat batangnya ditebang. Getah berwarna merah ini dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan obat tradisional.

Habitat asli pohon besar ini ada di Kepulauan Socotra, Yamana. Tingginya bisa mencapai 10 meter dan berbentuk seperti payung raksasa. Pohon besar yang tergolong sebagai pohon cemara ini memiliki daun yang kaku, tipis, dan panjang.

Pohon Besar Angel Oak

travelerofcharleston.com

Kalau pohon umumnya tumbuh ke atas, pohon besar Angel Oak justru tumbuh melebar ke samping bagaikan sayap malaikat. Uniknya lagi, batang pohon besar ini memiliki bentuk yang meliuk-liuk sehingga semakin indah saat dipandang. Tinggi pohon besar ini hanya mencapai 20 meter, tapi jangkauan terluas daun dan dahannya bisa mencapai 1.500 meter persegi, sedangkan dahan terpanjang yang pernah tercatat adalah 27 meter.

Pohon besar yang satu ini dikenal juga sebagai pohon tertua dalam mitologi kuno. Setidaknya, pohon besar ini dipercaya sudah ada sejak 65 juta tahun yang lalu. Pohon besar ini akan tetap bertumbuh hingga usia 700 tahun dan akan mati secara perlahan. Kamu bisa menemukan pohon ini di kawasan beriklim sedang, tropis, dan Mediterania.

Jika kamu berkesempatan melihat langsung keenam pohon besar di atas, cukup dikagumi dan difoto saja, ya. Hindari tindakan-tindakan yang dapat merusak keindahan dan kelangsungan hidup mereka.

Temukan aneka furnitur multifungsi dan space-saving di Dekoruma! Dekoruma jual kursi lesehan, meja tamu, sofa minimalis, kursi kantor, dan kasur.

Kasurnya pun tersedia dalam berbagai merek. Dekoruma jual Comforta, Sleep Care, dan King Koil, merek kasur ternama untuk menemani kamu tidur. Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!