Perbedaan Masker N95 dan Masker Bedah yang Harus Kamu Ketahui

Wabah penyakit korona (COVID-19) menjadi isu serius di seluruh dunia. Tak keran, permintaan masker di Indonesia sangatlah tinggi karena dianggap efektif mencegah penyebaran virus. Adapun, jenis masker yang banyak diburu masyarakat diantaranya adalah masker bedah dan masker N95.

Namun, sebenarnya mana masker yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus korona? Pada artikel kali ini, Kania akan mengulas perbedaan masker N95 dan masker bedah secara lengkap sehingga kamu tak salah dalam menggunakannya. Untuk selengkapnya, yuk kita simak ulasan di bawah ini!

Kegunaan Masker N95

2minutemedicine.com

Masker N95 memiliki kemampuan untuk menyaring partikel udara hingga 95% baik yang ukurannya besar ataupun kecil sehingga efektif untuk melindungi dirimu dari berbagai kuman, virus, ataupun racun yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan. Masker N95 ini juga cocok digunakan saat membersihkan rumah atau saat terjadi kebakaran hutan.

Selain itu, masker N95 juga memiliki kualitas yang baik sebab kamu bisa menggunakannya hingga lima kali pemakaian. Dengan demikian, masker N95 ini sangat ideal digunakan untuk memberikan proteksi tambahan terhadap risiko penularan penyakit.

Kekurangan Masker N95

google.com

Perlu kamu ingat, meskipun ideal digunakan, tapi masker N95 juga memiliki sederet kekurangan. Kekurangan masker N95 ini terdapat pada cara pakainya yang kurang praktis sehingga kamu akan merasa kerepotan saat sedang terburu-buru. Selain itu, masker N95 juga tidak cocok digunakan oleh anak-anak dan jika kamu menderita penyakit paru kronik atau kardiovaskular, maka sebaiknya tidak menggunakan masker N95 karena setiap partikel debu yang menempel pada masker dapat berisiko menghambat pernapasan.

Kegunaan Masker Bedah

twitter.com

Selain masker N95, kamu juga bisa mengenakan masker bedah yang dijual dengan harga lebih murah untuk mencegah penyebaran virus korona. Masker yang satu ini umumnya berwarna hijau atau biru, serta mempunyai bentuk tipis sehingga lebih nyaman digunakan sehari-hari.

Jika kamu saat ini sedang mengalami sakit, seperti flu atau batuk, sebaiknya kamu menggunakan masker bedah karena berfungsi untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebarkan oleh tetesan cairan tubuh seperti air liur, lendir dari hidung, dahak, hingga keringat.

Kekurangan Masker Bedah

fineartamerica.com

Tidak seperti masker N95, penggunaan masker bedah ini dinilai kurang efektif untuk melindungi diri dari virus ataupun kuman yang terhirup. Tak hanya itu, masker bedah juga hanya bisa digunakan sebanyak satu kali saja, bahkan jika maskermu mulai lembap atau basah, kamu harus langsung membuang dan menggantinya dengan yang baru.

Alternatif Jenis Masker Lain

Dengan adanya permintaan yang sangat tinggi, keberadaan masker N95 ataupun masker bedah cukup sulit ditemukan di pasaran, bahkan terdapat banyak penjual yang memasarkan masker N95 dan masker bedah dengan harga yang sangat mahal. Namun, selain menggunakan kedua masker di atas, terdapat beberapa alternatif jenis masker lain yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah:

Masker P95

google.com

Berbeda dengan tipe masker N95, masker P95 ini umumnya digunakan di kawasan pabrik. Tak sekadar mampu menyaring virus dan partikel berbahaya yang tersebar di udara, masker P95 ini juga dapat menyaring partikel dengan kandungan minyak. Terkait penggunannya, masker P95 bisa kamu pakai selama 40 jam lamanya dalam jangka waktu selama 30 hari.

Masker N99

made-in-china.com

Selain masker N95 dan P95, ada pula masker N99 yang dilengkapi dengan tiga lapisan filter sehingga dapat menyaring udara hingga 99%. Masker ini dijual dengan harga satuan mulai dari Rp 20.000. Sayangnya, penggunaan masker N99 kurang nyaman dikenakan setiap hari karena bahannya yang cenderung kaku dan tidak fleksibel terhadap bentuk wajah.

Masker R95

amazon.com

Ada pula tipe masker R95 yang dapat mencegah polutan dengan kandungan aerosol hingga 95% seperti asap dari pembakaran. Namun, tidak seperti masker N95, jenis masker R95 cukup jarang ditemui di pasaran dan hanya dapat digunakan selama 8 jam saja.

Nah, setelah melihat pembahasan di atas, sekarang kamu sudah tahu ‘kan perbedaan masker N95 dan masker bedah? Pastikan kamu menggunakan masker N95 atau masker lainnya secara benar, ya agar bisa melindungi diri secara lebih efektif. Jangan lupa, cuci tanganmu secara rutin menggunakan sabun dan air untuk mencegah penyebaran virus korona. Selalu waspada, ya!

Selain informasi di atas, baca juga artikel bermanfaat lainnya yang akan dibagikan Dekoruma setiap harinya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan produk furnitur dan peralatan rumah tangga untuk melengkapi kebutuhan rumahmu. Kasur pun juga ada. Dekoruma jual kasur The Luxe, King Koil, dan Comforta, lho. Yuk, langsung saja cek Dekoruma sekarang juga!