Tips dan Trik Menghilangkan Kutu Beras secara Efektif dan Mudah

Apakah persediaan beras di rumahmu masih banyak? Sebaiknya, kamu lebih berhati-hati karena menyimpan beras dalam jangka waktu yang lama bisa mengundang kutu beras untuk bersarang di sana. Apabila kutu beras sudah terlanjur bersarang pada beras, kamu harus bisa menghilangkan kutu-kutu tersebut agar persediaan berasmu kembali bersih dan tetap layak untuk dikonsumsi.

Nah, berikut ini Kania akan membagikan tujuh cara menghilangkan kutu beras yang bisa kamu lakukan di rumah. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak cara menghilangkan kutu beras di bawah ini!

Jemur Beras di Bawah Sinar Matahari

adobestock.com

Cara menghilangkan kutu beras pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjemur beras yang dihinggapi kutu di bawah paparan sinar matahari langsung. Perlu kamu ketahui, kutu beras sangat membenci suhu panas sehingga melalui cara menghilangkan kutu beras ini, kutu-kutu akan pergi dan membuat berasmu kembali bersih.

Penerapan cara menghilangkan kutu beras ini pun sangatlah mudah karena kamu hanya perlu menempatkannya pada sebuah nampan, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Setelah itu, cek keadaannya apakah masih terdapat kutu beras atau tidak. Jika masih, coba jemur kembali selama beberapa waktu.

Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Membekukan Beras Selama 1 Minggu

bitemybun.com

Selain tak menyukai suhu panas, kutu juga tak dapat bertahan dalam suhu dingin yang ekstrem. Maka dari itu, kamu bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan menempatkannya pada wadah penyimpanan, seperti mangkuk besar, lalu membekukannya di dalam freezer selama sekitar satu minggu atau sampai kutu benar-benar menghilang. Cara menghilangkan kutu beras ini pun sangat efektif untuk menghilangkan telur kutu.

Tutup Wadah Beras dengan Kain Basah

foodexpo.vn

Cara menghilangkan kutu beras lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan kain basah karena kutu beras juga tidak menyukai area yang terlalu lembap. Dengan demikian, kamu bisa menutup wadah penyimpanan beras dengan kain yang telah dibasahi air sekitar 30 menit atau hingga seluruh kutu menempel pada kain basah tersebut. Jika kutu beras sudah tersingkir, selanjutnya kamu pun bisa langsung mengolahnya menjadi nasi.

Singkirkan Kutu Beras dengan Daun Salam

google.com

Kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan memanfaatkan bumbu dapur yang sangat mudah ditemukan, yakni daun salam. Daun salam ini memiliki aroma kuat yang sangat dibenci oleh kutu beras. Dengan demikian, kamu bisa meletakkan beberapa lembar daun salam kering ke dalam wadah penyimpanan beras agar serangga yang satu ini menyingkir dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Kulit Kayu Manis

bustle.com

Selain daun salam, kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan memanfaatkan kulit kayu manis. Untuk melakukan cara menghilangkan kutu beras yang satu ini pun sangat mudah, di mana kamu hanya perlu meletakkan beberapa kulit kayu manis ke dalam wadah penyimpanan beras.

Hal yang menarik, kulit kayu manis tak hanya efektif mengusir kutu beras saja, tapi juga untuk menghilangkan semut dan sebagai salah satu cara mengusir ular dari rumah.

Lenyapkan Kutu Beras dengan Cabai Merah Kering

exportersindia.com

Kamu punya stok cabai merah yang mulai mengering? Jangan buru-buru membuangnya, ya karena kamu bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras menggunakan bumbu dapur tersebut. Caranya pun sangat sederhana. Silakan masukkan beberapa cabai merah kering ke dalam tempat penyimpanan beras, lalu tunggu semalaman hingga kutu beras tersebut menghilang. Cara menghilangkan kutu beras ini dinilai cukup ampuh. Bahkan, cabai merah juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan laron di rumah.

Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Daun Jeruk Nipis

jesmondfruitbarn.com

Cara menghilangkan kutu beras terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan daun jeruk nipis. Selain digunakan untuk menambah cita rasa pada hidangan, aroma kuat dari daun jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu beras. Maka dari itu, silakan letakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada penyimpanan beras dan tunggu beberapa jam hingga kutu menyingkir.

Selain melakukan cara menghilangkan kutu beras di atas, kamu pun sebaiknya menyimpan beras secara cermat dengan meletakannya di area yang sejuk dengan suhu di bawah 27 derajat. Jangan lupa, pindahkan juga beras dari karung bawaan ke dalam wadah penyimpanan beras dan tutup dengan rapat agar tidak didatangi kutu. Selamat mengikuti cara menghilangkan kutu beras di atas!

Selain informasi di atas, kamu juga bisa menemukan cara mengusir hewan lainnya melalui artikel Dekoruma, lho! Beberapa di antaranya adalah cara mengusir kecoa, ulat bulu, dan lalat.

Tak hanya artikel saja, Dekoruma juga jual alat kebersihan, alat memasak, dan aneka peralatan rumah tangga lainnya. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, kalau kamu justru sedang mencari rumah dijual untuk dijadikan tempat tinggal ataupun investasi properti, kamu bisa menemukannya melalui DekorumaHouse, lho! Ada berbagai pilihan rumah dijual dari sejumlah daerah di Jabodetabek yang tersedia untukmu. Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di BSD, Jakarta Barat, Bekasi, dan Depok. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan domisili kamu. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!