Melakukan Kegiatan Menyenangkan #BisaDiRumah Selama Social Distancing

Terkait penyebaran COVID-19, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing selama 14 hari. Cara ini dianggap efektif untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Upaya social distancing ini dilakukan dalam bentuk menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Selain itu, masyarakat juga diajak untuk melakukan aktivitas di rumah masing-masing.

Bagi kamu yang diminta untuk bekerja atau belajar dari rumah, pasti akan lebih mudah merasa bosan. Mau diapakan waktu yang tersisa usai menyelesaikan pekerjaan dan tugas? Jalan-jalan ke luar rumah pun tidak bisa. Namun, jangan bingung karena Kania akan membagikan 10 ide aktivitas seru #BisaDiRumah yang bermanfaat selama melakukan social distancing. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Aktivitas Membaca Buku

pixabay.com

Aktivitas membaca buku adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan rasa bosan. Coba tengok sudut kamarmu, apakah ada tumpukan buku yang belum pernah dibaca? Usai menyelesaikan pekerjaan atau tugas, mulailah aktivitas membaca buku-buku tersebut.

Setelah selesai membacanya, jangan lupa untuk merapikan buku-buku tersebut, ya! Supaya kamar tidak lagi berantakan dengan tumpukan buku, kamu bisa menggunakan rak buku untuk menatanya. Dengan demikian, waktu social distancing-mu jadi lebih bermanfaat lagi, deh!

Aktivitas Menonton Drama

medium.com

Pernahkah kamu merasa kesal atau penasaran ketika harus menunggu episode drama favorit yang tayang di minggu berikutnya? Berhubung selama social distancing ini kamu punya banyak waktu luang, manfaatkan untuk melakukan aktivitas maraton menonton drama di atas sofa atau tempat tidur yang nyaman.

Pilihlah drama yang sudah tamat. Satu episode setidaknya berdurasi 40-60 menit sehingga setiap harinya kamu bisa menyelesaikan tiga sampai empat episode. Namun, tetap batasi dirimu dalam melakukan aktivitas ini, ya! Jangan sampai jam tidur dan waktu makanmu terganggu karena terlalu asyik menonton.

Aktivitas Memasak

pixabay.com

Dalam masa penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas ini, kebersihan makanan harus lebih dijaga supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Makanan yang kamu beli di luar, belum tentu dibuat dengan higienis. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang ada untuk melakukan aktivitas memasak bersama keluarga. Keluarga pun bisa membntu untuk menentukan menu makan siang dan malam.

Melalui aktivitas ini, selain lebih terjamin kebersihannya, kamu pun bisa menghemat pengeluaran. Jangan lupa, untuk menggunakan peralatan masak yang juga berkualitas baik, ya agar tidak mengurangi cita rasa dan kualitas makanan yang kamu buat.

Aktivitas Membuat Kreasi Bullet Journal

pinterest.com

Suka aktivitas menulis serta menggambar atau menghias? Jika iya, manfaatkan waktu social distancing ini dengan membuat bullet journal. Alat yang dibutuhkan hanyalah buku dan pen warna-warni. Akan tetapi, kalau mau lebih keren, silakan tambahkan stiker atau washi tape.

Ada banyak hal yang bisa dituangkan ke dalam bullet journal. Misalnya mencatat kejadian penting di hari itu, menuliskan daftar hal atau aktivitas apa saja yang perlu dilakukan, mencatat tanggal ulang tahun teman atau keluarga, dan masih banyak lagi. Tertarik melakukan aktivitas ini?

Aktivitas Olahraga

pixabay.com

Selama berada di rumah, kamu tetap wajib melakukan aktivitas olahraga agar tubuh semakin sehat. Pilihlah aktivitas olahraga yang tidak melibatkan orang lain dan tidak merusak perabotan di rumah, misalnya aktivitas yoga, senam, lompat tali, dan zumba. Kamu pun bisa membuat program olahraga untuk membentuk otot bagian tubuh tertentu, seperti olahraga mengecilkan perut, paha, dan lengan tangan. Saat ini sudah ada banyak video instruktur gratis di dunia maya yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

Aktivitas Bercocok Tanam

mindbodygreen.com

Bagi kamu yang suka bercocok tanam dan memiliki taman di rumah, manfaatkan periode social distancing ini dengan aktivitas bercocok tanam. Mulailah aktivitas ini dari menyapu daun kering, memotong bagian tanaman yang layu, memberi pupuk, dan memberikannya air. Atau mungkin kamu mau menanam tanaman baru untuk mengganti tampilan taman?

Aktivitas Bersih-Bersih Rumah

bornoffireusa.com

Berada di dalam rumah selama dua minggu akan membuatmu merasa sumpek. Nah, supaya merasa lebih nyaman, mengapa tidak sekalian melakukan aktivitas bersih-bersih rumah saja? Mulailah aktivitas ini dengan membuka lemari dan singkirkan semua barang yang sudah tidak terpakai. Setelah itu, bersihkan debu dan kotoran di setiap sudut ruangan. Dengan demikian, rumah akan terasa lebih lega dan bersih.

Aktivitas Menata Ulang Kamar Tidur

reddit.com

Selama social distancing ini, kamar tidur menjadi tempat yang paling sering ditempati. Untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat, coba tata ulang kamar tidurmu agar kamu tidak merasa bosan dengan tampilannya.

Aktivitas ini bisa kamu lakukan dengan menggeser posisi tempat tidur atau mengganti tirai. Kamu juga bisa mengubah konsep kamar tidur secara keseluruhan. Untuk mendapatkan furnitur atau perabotan baru tanpa ke luar rumah, kamu bisa memilih dan membelinya di toko furnitur online, seperti Dekoruma.

Aktivitas Pengembangan Diri

pixabay.com

Daripada waktu social distancing-mu terbuang sia-sia, lebih baik kamu manfaatkan dengan melakukan aktivitas pengembangan diri. Mengembangkan kemampuan diri dapat memberikan nilai plus untuk karir dan kehidupanmu.

Aktivitas pengembangan diri ini dapat berupa belajar bahasa baru, mendalami hobi, belajar menggambar, belajar menjahit, mencari tahu tren marketing atau bisnis terkini, dan sebagainya. Sementara, alat yang dibutuhkan hanyalah internet dan gadget.

Aktivitas Merawat Diri

byrdie.com

Aktivitas merawat diri bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Mulailah dari creambath rambut, scrubbing tubuh, menggunakan masker wajah, berendam dengan bath bomb, hingga memotong kuku. Tidak hanya penampilan saja yang terjaga, melainkan pikiran pun akan jadi lebih rileks dengan aktivitas ini. Tertarik melakukan aktivitas ini?

Nah, setelah melihat 10 aktivitas di atas, mana yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu? Selamat menerapkan social distancing dengan aktivitas seru #BisaDiRumah dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah, serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berkala!

Kamu sedang mencari kasur baru untuk kamarmu? Dekoruma jual kasur Elite, King Koil, The Luxe, dan Comforta. Selain kasur, ada juga aneka jenis furnitur dengan desain kekinian yang tersedia dalam beragam merek, seperti Livien, Heim Studio, dan Pro Design. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!