Mengupas Fakta Deterjen Untuk Membunuh Virus Corona

Wabah virus corona yang menyebar membuat setiap orang terus berusaha mencari berbagai cara untuk menangkal virus tersebut. Apapun yang disebut bisa menghalau serangan virus corona pasti langsung menjadi viral dan dipercayai sebagian besar orang tanpa tahu kebenarannya.

Hal yang terbaru, Juru Bicara Penanganan Wabah COVID-19, Achmad Yurianto menyebutkan bahwa deterjen bisa melumpuhkan virus corona sehingga memberikan harapan baru bagi masyarakat. Deterjen pun langsung menjadi salah satu produk yang banyak diincar orang setelah sabun, hand sanitizer, dan masker agar bisa terhindar dari virus corona COVID-19.

Namun, apakah benar bahwa deterjen mampu membunuh virus corona COVID-19? Jangan terburu-buru, sebelum memborong deterjen ke supermarket, sebaiknya kamu mengetahui kebenarannya terlebih dahulu. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membahas fakta deterjen yang disebut ampuh membunuh corona. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Sebenarnya Apa Itu Deterjen?

pixabay.com

Pada dasarnya, deterjen adalah produk sabun pembersih untuk mencuci pakaian yang kotor. Deterjen ini ampuh membersihkan pakaian kotor karena mengandung lemak yang berasal dari turunan minyak bumi. Dibandingkan dengan sabun biasa yang digunakan untuk mandi dan cuci tangan, deterjen memiliki tingkat daya cuci yang lebih kuat karena mengandung alkil benzene sulfonat.

Beberapa bahan pembentuk deterjen sendiri adalah sodium tripolyphospate untuk menurunkan tegangan permukaan pakaian yang dicuci. Ada pula carboxy metyl cellulose untuk mengikat kotoran-kotoran sehingga tidak melekat kembali setelah dicuci.

Deterjen Mampu Membunuh Virus dan Bakteri

pixabay.com

Dalam beberapa kandungan deterjen yang disebutkan tadi, terdapat zat yang mampu menghancurkan pembungkus pada tubuh virus. Dengan hancurnya pembungkus tersebut, maka virus bisa menjadi tidak aktif alias lumpuh.

Kandungan zat yang dimaksud ampuh melumpuhkan virus adalah sodium hypochlorite atau natrium hypochlorite. Senyawa kimia ini memang bisa membunuh virus dan bakteri, bahkan kemampuan zat tersebut untuk membunuh bakteri disejajarkan dengan kemampuan alkohol 70%. Alasan inilah yang membuat deterjen diklaim bisa melumpuhkan virus corona.

Deterjen Pemutih Lebih Ampuh Bunuh Virus

pixabay.com

Meskipun dianggap bisa membunuh virus, tapi yang paling efektif adalah deterjen dengan tingkat sodium hypochlorite atau natrium hypochlorite yang cukup pekat. Bagaimana mengetahui sebuah produk deterjen memiliki kadar kepekatan sodium hypochlorite atau natrium hypochlorite yang tinggi?

Sebenarnya mudah saja, yaitu dengan cara melihat warnanya. Semakin putih deterjen yang kamu gunakan artinya semakin pekat pula tingkat senyawa kimia sodium hypochlorite atau natrium hypochlorite dalam deterjen tersebut, begitu juga sebaliknya.

Pasalnya, zat yang ampuh melumpuhkan virus dan bakteri tersebut banyak terdapat di kandungan pemutih. Jadi, jika deterjen milikmu berupa deterjen cair dan tidak mengandung pemutih, kemampuannya untuk membunuh virus dan bakteri tentu patut dipertanyakan.

Deterjen Belum Teruji untuk Virus Corona

github.com

Walaupun disebut-sebut ampuh melumpuhkan virus dan bakteri, kemampuan deterjen untuk melawan virus corona pun masih patut dipertanyakan. Hal ini karena sampai saat ini belum ada uji klinis terkait kemampuan kandungan dalam deterjen yang benar-benar bisa melawan virus baru tersebut.

Kemampuan senyawa pengusir virus pada deterjen juga disebut setara dengan alkohol 70%. Sementara, WHO sendiri menganjurkan untuk melawan virus corona dengan kadar alkohol ethanol 80%. Jadi, untuk membunuh virus corona itu sendiri, deterjen masih belum benar-benar teruji.

Tetap Gunakan Antiseptik

infectioncontroltoday.com

Jangan sampai karena deterjen dikatakan mampu melumpuhkan virus, kamu jadi menggunakannya untuk mandi atau cuci tangan, ya! Biar bagaimanapun, penggunaan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan antiseptik akan lebih efektif untuk membunuh virus, termasuk virus corona.

Hal ini karena penggunaan sabun atau cairan antiseptik sudah terbukti bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan organisme maupun virus. Bahkan antiseptik sendiri telah teruji bisa melawan virus SARS, penyebab penyakit pernapasan akut parah yang masih satu golongan dengan virus corona baru atau COVID-19.

Jadi, kesimpulannya deterjen ampuh untuk membunuh virus, tapi untuk virus corona sendiri sampai saat ini belum teruji. Oleh karena itu, lebih baik kamu tetap menggunakan sabun atau cairan antiseptik untuk membersihkan setiap bagian tubuh. Sementara, deterjen lebih diperuntukkan untuk mencuci pakaian kotor yang mungkin terkena virus dan bakteri.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu mengonsumsi menu makanan sehat, seperti sayur dan buah. Pastikan juga kamu selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari virus corona COVID-19.

Kamu sedang mencari furnitur baru? Yuk, temukan di toko furniture online ternama Indonesia, Dekoruma. Tersedia aneka furnitur multifungsi dan space-saving yang bikin kamu betah di rumah, seperti sofa minimalis, tempat tidur, kursi makan, dan kasur.

Untuk kasur, Dekoruma jual Serta, Sleep Care, dan The Luxe, tiga merek kasur ternama Indonesia dengan kualitas yang bukan abal-abal. Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma sekarang juga!