Jenis Tanaman Sayuran yang Cepat Panen Di Rumah

Saat ini, masyarakat diimbau untuk melakukan social distancing dengan tetap berada di rumah selama kurang lebih 14 hari karena adanya wabah COVID-19. Di masa-masa seperti ini, mungkin kamu akan kesulitan untuk mencari bahan makanan karena takut terkena virus COVID-19 saat pergi ke luar rumah. Namun, jangan khawatir karena ada tanaman sayuran cepat panen yang penanamannya #BisaDiRumah.

Tak hanya cepat panen, pertumbuhan dari tanaman sayuran ini pun bisa kamu cek secara berkala di rumah serta mendukung gerakan urban farming. Nah, penasaran apa saja tanaman sayuran cepat panen yang bisa di tanam di rumah? Berikut ini, Kania akan membagikan enam tanaman sayuran cepat panen yang layak kamu coba. Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Tanaman Sayuran Kangkung

google.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi ‘kan dengan tanaman sayuran kangkung? Tanaman sayuran ini termasuk salah satu yang paling sering ditemukan dimana-mana dan merupakan menu makan siang favorit yang kerap disajikan ibu rumah tangga. Teknik menanam tanaman sayuran kangkung ini sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama, kamu bisa memilih jenis kangkung darat agar lebih cepat panen.

Setelah itu, lakukanlah penyebaran bibit kangkung steril pada media tanam yang sudah gembur. Ikuti juga dengan pemupukan, penyiraman, dan perawatan memberantas gulma secara berkala. Tanaman sayuran kangkung ini bisa panen dengan rata-rata waktu 25 hari saja.

Tanaman Sayuran Selada

otmediaonline.com

Bagi kamu yang suka mengonsumsi salad, coba deh menanam tanaman sayuran selada di rumah. Selada sering ditanam secara konvensional maupun hidroponik. Tanaman sayuran ini butuh waktu sekitar 20-30 hari sampai akhirnya panen.

Siapkan bibit selada yang berkualitas dan juga media tanam beserta pupuknya. Untuk wadahnya, lebih disarankan kamu menggunakan pot tanaman yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya supaya tanaman sayuran selada dapat tumbuh subur. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari, ya!

Tanaman Sayuran Bayam

pinterest.com

Tanaman sayuran bayam organik bisa siap dipanen dalam waktu 15 hari saja, asalkan kamu menanamnya dengan tepat. Tanaman sayuran bayam dapat tumbuh optimal apabila terkena paparan sinar matahari yang cukup, tidak kurang dari tujuh jam setiap harinya.

Selain itu, tanaman sayuran ini juga membutuhkan perawatan tanaman yang tepat. Oleh karena itu, kamu harus lakukan penyiraman secara tepat, yaitu dua kali sehari pada masa kecambah dan satu kali sehari sampai bertumbuh dewasa. Jangan lupa, optimalkan juga dengan memberikan pupuk dasar dan pupuk susulan pada tanaman sayuran ini.

Tanaman Sayuran Sawi Hijau

google.com

Tanaman sayuran sawi hijau adalah jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja, termasuk taman rumah minimalis milikmu. Kemampuannya untuk tumbuh tergolong sangat mudah, asalkan tersedia cukup air. Selain itu, budidaya tanaman sayuran sawi hijau ini pun tidak begitu mementingkan suhu.

Akan tetapi, memang untuk mendukung panennya, jenis tanaman sayuran ini tetap harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Rata-rata tanaman sayuran sawi hijau ini bisa dipanen dalam kurun waktu 40-45 hari. Saat dipanen, tanaman sayuran ini sangat segar dan bisa dikonsumsi sesuai resep keluarga.

Tanaman Sayuran Bawang Putih

google.com

Belum sah jika belum ada bumbu dapur bawang-bawangan di menu makanan sehat. Selain digunakan sebagai bahan makanan di rumah, bawang putih juga berguna sebagai cara mengusir ular, nyamuk, dan binatang pengganggu rumah lainnya.

Sayuran bawang putih yang termasuk jenis tanaman hortikultura ini bisa ditanam secara sederhana di rumahmu. Caranya adalah dengan menyediakan sebuah pot kecil, lalu masukkan beberapa potong bagian bawah bawang putih yang masih berakar. Setelah itu, timbun dengan tanah hingga menutup secara merata dan sempurna, kemudian siram dengan air secukupnya. Dalam hitungan beberapa hari, tanaman sayuran bawang putih sudah bisa kamu nikmati.

Tanaman Sayuran Lobak

spiritedtable.com

Beberapa jenis tanaman lobak sudah bisa panen hanya dalam tiga minggu, lho! Uniknya, tanaman sayuran lobak ini hanya membutuhkan sedikit lahan di kebunmu. Kamu bisa mencoba menanam tanaman sayuran lobak putih untuk mendapatkan manfaat kandungan gizi berupa multivitamin dan juga beta carotene.

Dalam proses penanamannya, kamu bisa menggunakan polybag untuk pembibitan. Setelah itu, pindahkan ke tanah dengan sedikit jarak supaya tanaman lobak bisa tumbuh dengan subur dan optimal.

Itulah enam tanaman sayuran cepat panen yang bisa kamu tanam di rumah. Dengan demikian, selama masa social distancing ini, kamu tidak akan kekurangan bahan makanan karena bisa langsung memanennya di kebun rumahmu.

Selain bercocok tanam, cari juga kegiatan positif #BisaDiRumah lainnya agar kamu tetap produktif selama berdiam diri di dalam rumah. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan menggunakan sabun secara berkala. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer sebagai alternatifnya. Selamat menanam tanaman sayuran cepat panen di rumah!

Yuk, temukan aneka tips dan trik soal rumah di Dekoruma! Kamu bisa menemukan tips soal cara mengusir kutu beras, cara merawat tanaman, dan lainnya. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!