Aneka Rempah Rempah untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Imunitas tubuh yang kuat menjadi senjata utama dalam menghadapi kondisi saat ini, di mana virus corona baru atau COVID-19 sedang mewabah. Dengan memiliki imunitas tubuh yang kuat, virus yang mungkin masuk ke dalam tubuh akan sulit berkembang sehingga kondisi tubuh kita tidak terserang penyakit.

Ada banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti menyantap berbagai menu makanan sehat dengan asupan gizi seimbang yang sudah menjadi kewajiban. Tentu saja pola makan tersebut juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur dan waktu tidur malam yang cukup. Selain hal-hal tersebut, memperkuat imunitas tubuh dengan memberi tubuh asupan vitamin juga sangat dianjurkan. Tidak harus selalu mengonsumsi multivitamin dengan harga yang tinggi, berbagai ramuan rempah rempah asli nusantara pun bisa menjadi pilihan.

Lalu, apa saja rempah rempah yang bisa membuat imunitas tubuh meningkat? Berikut ini, Kania akan membagikan delapan pilihan rempah rempah yang bisa kamu coba untuk tingkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya mendapatkan rasanya yang khas dan enak, jika diolah dengan tepat, khasiatnya pun dijamin mujarab. Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Rempah Rempah Lada

pixabay.com

Sudah tidak asing dipakai sebagai bumbu masak, ternyata rempah-rempah mungil yang satu ini juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh, lho! Rempah rempah lada memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi. Dengan demikian, kandungan tersebut mampu memperbaiki segala kerusakan yang ada pada tubuhmu.

Kandungan dari rempah rempah ini juga mampu membuat tubuhmu lebih tahan terhadap radikal bebas. Tak hanya untuk kesehatan, rempah-rempah lada juga bisa dimanfaatkan untuk urusan rumah tangga, lho salah satunya adalah sebagai cara mengusir kucing.

Rempah Rempah Temulawak

goodhealthforme.com

Berbagai penelitian menyatakan bahwa rempah rempah yang kerap dijadikan sebagai jamu ini memiliki kandungan curcumin yang tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem serotonin dan dopamin. Jika kedua sistem tersebut meningkat, kamu akan lebih merasa bahagia dan tidak mudah khawatir. Alhasil, imunitas tubuh pun bisa meningkat karena dipicu pikiran yang bebas dari rasa cemas dan stres. Tertarik mencoba rempah rempah temulawak ini?

Rempah Rempah Jahe

today.com

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada rempah rempah yang satu ini juga cukup tinggi sehingga mampu menjaga tubuhmu dari berbagai serangan penyakit. Terlebih lagi, rempah rempah jahe memiliki kandungan senyawa gingerol yang mampu meringankan gejala flu dan batuk, yang mana kedua gejala tersebut erat dikaitkan dengan ciri-ciri gejala COVID-19.

Rempah Rempah Kencur

ostrnum.com

Secara umum, rempah rempah yang kerap menjadi bahan utama untuk membuat racikan jamu beras kencur ini memiliki berbagai macam kandungan minyak atsiri, seperti etil alkohol dan sineol. Zat-zat tersebut mampu menghilangkan lendir penyumbat hidung yang kerap dialami oleh orang yang memiliki gejala radang tenggorokan. Anti-bakteri yang terdapat dalam rempah rempah kencur ini juga mampu memperbaiki fungsi pernapasan dan pencernaan.

Rempah Rempah Kayu Manis

nydailynews.com

Rempah rempah yang memiliki wangi khas ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang bisa menghindarkanmu dari berbagai serangan penyakit mematikan. Tidak hanya itu, kandungan anti-inflamasi pada rempah rempah kayu manis juga mampu menurunkan berbagai gejala penyakit yang kamu alami. Dengan begitu, tubuhmu akan terasa lebih bugar. Tidak hanya penyakit, rempah kayu manis juga bisa menjadi salah satu bahan untuk mengusir ular, lho!

Rempah Rempah Serai

pinterest.com

Rempah rempah serai memiliki kemampuan untuk membuang racun berbahaya yang ada di dalam tubuhmu. Dengan rutin menyantap rempah rempah yang terdiri dari dua jenis ini, yaitu sereh wangi dan biasa, imunitas tubuhmu akan lebih terjaga.

Kaya akan antioksidan dan flavonoid, rempah rempah yang sangat enak jika diminum dengan satu gelas teh hangat ini juga mampu meningkatkan fungsi organ tubuh vital, seperti ginjal dan hati. Dengan organ tubuh yang terjaga, kemampuan tubuhmu dalam melawan virus juga akan lebih kuat. Psst.. rempah rempah serai ini juga ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk, lho!

Rempah Rempah Kunyit

consumerlab.com

Rempah rempah lainnya yang memiliki kandungan curcumin tinggi adalah kunyit. Curcumin yang terkandung pada rempah rempah kunyit mampu membuat daya tahan tubuh lebih terjaga. Selain itu, kandungan curcumin ini juga mampu meningkatkan kerja otak. Kinerja otak yang maksimal akan membuat imunitas tubuhmu juga meningkat.

Rempah Rempah Cengkih

worldspice.com

Jika ingin mengonsumsi rempah rempah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, carilah cengkih yang masih memiliki kuncup bunga kering. Hal ini karena rempah rempah cengkih semacam itu mengandung senyawa yang ampuh meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, pada umumnya rempah rempah cengkih mengandung eugenol yang bisa mengurangi infeksi pada tubuhmu. Di samping khasiatnya untuk kesehatan tubuh, cengkih juga merupakan bahan rempah yang bisa dijadikan sebagai cara mengusir lalat, lho!

Kita patut bersyukur karena Indonesia memiliki berbagai macam rempah rempah yang baik untuk kesehatan dan mudah untuk diperoleh. Oleh karena itu, mari manfaatkan sumber daya alam tersebut untuk meningkatkan imunitas tubuh agar kamu tetap sehat senantiasa.

Selain mengonsumsi rempah rempah dan makanan bergizi, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berkala agar terhindari dari berbagai bakteri dan virus, termasuk virus corona. Semoga kamu sehat-sehat selalu, ya!

Temukan ragam furnitur berkualitas untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual kursi kantor, meja makan, rak buku, sofa, dan rak sepatu dengan aneka model dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Tak hanya furnitur, Dekoruma juga menyediakan berbagai peralatan rumah tangga dan dekorasi untuk menghidupkan suasana rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!