Inspirasi Model Kolam Koi Minimalis untuk Pecinta Ikan Koi

Salah satu ikan hias yang populer dipelihara di Indonesia adalah ikan koi yang corak dan warna kulitnya sangat menarik. Memelihara ikan koi dianggap mampu mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Selain itu, bagi pecinta ikan koi, memeliharanya di rumah juga bisa meningkatkan mood.

Bagi kamu pemilik ikan koi, tentunya wajib menyediakan kolam yang tepat bagi ikan koi kesayanganmu. Salah satu desain yang paling banyak disukai adalah kolam koi minimalis karena sangat cocok dengan gaya hunian minimalis saat ini. Tak hanya itu, melalui desain kolam koi minimalis yang menarik, kamu pun tetap #BisaDiRumah untuk meningkatkan dan mengembalikan mood yang jelek.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari inspirasi model kolam koi yang tepat, berikut ini Kania sudah menyiapkan enam desain kolam koi minimalis untukmu. Penasaran? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Kolam Koi Minimalis dengan Kaca dan Batu Alam

trendir.com

Di kolam ikan biasa, kamu hanya mendapatkan pemandangan berupa punggung ikan. Nah, supaya lebih seru dan bisa menikmati keindahan corak ikan koi dari samping, kamu bisa membuat kolam koi minimalis berikut ini.

Posisinya berada di atas permukaan tanah sehingga terlihat seperti akuarium. Bagian dinding kolam koi minimalis ini dibuat menggunakan material kaca tebal yang mampu menahan tekanan air. Supaya lebih kukuh dan terlihat megah, bingkailah kolam koi minimalis ini dengan dinding atau keramik batu alam. Kalau kamu ingin membuat kolam terlihat lebih bervariasi, hadirkan beberapa hiasan aquarium yang bisa kamu atur sesuai seleramu.

Kolam Koi Minimalis Ala Jepang

christierealestate.com

Ikan koi berasal dari Jepang, jadi mengapa tidak membuat kolam koi minimalis ala Jepang? Kamu bisa membuat kolam koi minimalis ala Jepang dengan bentuk yang abstrak supaya terlihat lebih alami.

Letakkan bebatuan besar di sekeliling kolam koi minimalis ini. Selain untuk menambah nilai estetika, batu-batu tersebut juga bisa dijadikan sebagai pembatas agar orang lain, terutama anak kecil tidak mudah tercebur. Jangan ragu untuk menambahkan tanaman semak-semak di beberapa titik.

Kolam Koi Minimalis dengan Area Tempat Duduk

pinterest.com

Ingin punya kolam koi minimalis dan area duduk untuk bersantai, tapi lahan taman minimalis terbatas? Nah, desain kolam koi yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Bentuk kolam koi minimalis ini persegi dan di atasnya membentang jembatan kayu.

Sementara itu, seperempat kolam koi minimalis ini ditutup dengan papan kayu dan dijadikan sebagai area tempat duduk yang lengkap dengan meja dan kursi teras. Untuk bagian sisanya dijadikan tempat untuk meletakkan air terjun mini. Saat duduk di atas kolam koi minimalis ini, pasti kamu akan merasa lebih rileks, apalagi ada suara gemericik air dari ikan koi yang berenang.

Kolam Koi Minimalis dengan Air Terjun

pinterest.com

Desain kolam koi minimalis ini sangat cocok untuk penggemar air terjun. Bebatuan alam yang pipih ditumpuk menjadi sebuah tebing kecil. Dari tebing tersebut terdapat dua air terjun mini. Tidak hanya sekadar untuk estetika, tebing air terjun ini juga berfungsi untuk menutupi alat filter dan kabel-kabel yang mendukung kolam koi minimalis.

Untuk membuat tampilan yang lebih mewah, tambahkan pencahayaan dari dalam kolam menggunakan lampu yang bernuansa hangat. Kalau kamu ingin meletakkan tanaman sebagai dekorasi, secukupnya saja ya karena jika terlalu berlebihan akan merusak tampilan mewah kolam koi minimalis tersebut. Dengan demikian, pesona air terjun dan ikan koi pun tidak tertutupi.

Kolam Koi Minimalis Berukuran Mungil

pinterest.com

Kolam koi minimalis berukuran mungil tetap bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi ikan koi. Kuncinya adalah sistem pengairan yang baik dan pembatasan jumlah ikan. Hindari memelihara ikan koi dalam jumlah banyak di dalam kolam koi minimalis mungil karena ruang gerak mereka akan jadi terbatas.

Bentuk kolam koi minimalis mungil ini persegi panjang dengan filter air yang tersembunyi di balik dinding batu alam. Dekorasi pada kolam koi minimalis ini berupa sebuah guci besar dengan tanaman hijau di atasnya. Selain itu, kolam koi minimalis ini pun dilengkapi dengan dek kayu yang bisa digunakan untuk duduk santai.

Kolam Koi Minimalis dengan Model Melingkar

pinterest.com

Untuk desain yang terakhir, ada kolam koi minimalis dengan bentuk yang melingkar. Model kolam koi minimalis ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki lahan luas. Bagian dinding kolam koi minimalis ini dibuat dengan batu alam berwarna abu-abu tua.

Supaya tidak ada kesan yang muram, coba tambahkan beberapa tanaman hias di sekeliling kolam koi minimalis ini. Namun, kamu harus rajin memangkasnya agar daun tidak masuk dan mengotori area kolam.

Dari keenam inspirasi desain kolam koi minimalis di atas, sudah tahu mana yang menjadi pilihanmu? Apapun desain kolam koi minimalis yang kamu pilih, yang terpenting pastikan kamu tidak lupa untuk melengkapinya dengan filter dan air mengalir, ya! Dengan demikian, kebersihan air untuk ikan koi akan lebih terjamin, pasokan oksigen tetap terjaga, dan ikan koi pun dapat hidup dengan sehat dan panjang umur.

Melihat gambarnya saja sudah membuat kamu senang, sekarang semakin terbukti ‘kan kalau meningkatkan mood #BisaDiRumah dengan keenam desain kolam koi minimalis tadi? Selamat memindahkan koi kesayanganmu ke dalam kolam koi minimalis yang baru!

Selain inspirasi di atas, temukan juga artikel dengan pembahasan menarik lainnya hanya di Dekoruma, ya! Tidak hanya artikel saja, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur, seperti meja makan, rak buku, lemari pakaian, dan tempat tidur bayi dengan kualitas yang tentunya terjamin.

Ada juga aneka perlengkapan makan dan minum berkualitas dari merek-merek terkenal, seperti Luminarc, Oxone, dan Nakami. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan temukan semua kebutuhan rumahmu!