6 Risiko Berbahaya saat Kecoa Ada di Dalam Rumah

Kehadiran kecoa seringkali diremehkan oleh sebagian orang. Ukurannya yang kecil dan giginya yang tidak setajam milik hiu membuat beberapa orang mengabaikan keberadaan kecoa karena saat menemukannya di rumah bisa langsung diinjak atau disemprot menggunakan pembasmi kecoa, kemudian di buang ke tempat sampah.

Namun, faktanya kecoa bisa membawa banyak risiko berbahaya ke dalam rumah, lho! Terutama pada aspek kesehatan penghuni rumah. Bagi kamu yang belum tahu, yuk simak pembahasan Kania di bawah ini mengenai bahayanya kecoa masuk ke dalam rumah!

Kecoa Menyebarkan Bakteri Penyebab Diare

pixabay.com

Bahaya yang kerap muncul akibat keberadaan kecoa di dalam rumah adalah penyebaran bakteri. Kecoa hidup di tempat yang kotor, seperti selokan rumah, toilet, dan tempat sampah. Dengan demikian, kotoran dan bakteri pun akan menempel pada tubuh kecoa. Nah, saat kecoa masuk ke dalam rumahmu dan hinggap di atas makanan atau permukaan furnitur dan perabotan rumah, maka semua bakteri yang menempel pada tubuh kecoa akan berpindah dan tersebar.

Bakteri yang tersebar melalui kecoa itulah yang dapat menyebabkan penghuni rumah terkena penyakit diare. Selain itu, ada juga mikroorganisme yang ada pada sistem pencernaan kecoa. Alhasil, kotoran kecoa juga menjadi media penyebaran bakteri. Menurut penelitian, setidaknya ada 33 bakteri, enam cacing parasite, dan tujuh jenis patogen manusia yang bisa disebarkan kecoa ke dalam rumahmu.

Kecoa Mampu Memicu Alergi

shutterstock.com

Selain menyebarkan bakteri, kecoa juga dapat memicu alergi. Hal ini disebabkan oleh kandungan alergen yang ada pada kotoran, air liur, dan bagian tubuh kecoa. Salah satu reaksi alergi tersebut adalah asma atau sesak nafas.

Selain itu, orang yang memiliki kulit sensitif juga dapat mengalami ruam atau bintik-bintik merah pada kulit. Bahaya ini dapat terjadi apabila ada kecoa yang hinggap atau berjalan di atas permukaan kulit mereka. Setelah itu, reaksinya kulit akan terasa gatal dan mulai memerah. Oleh karena itu, jika kamu dihinggapi kecoa, segera bersihkan dengan sabun dan air sampai bersih, ya!

Kecoa Bisa Masuk ke Dalam Tubuh

shutterstock.com

Ukuran kecoa yang kecil dapat menjadi sumber bahaya yang paling mengerikan. Pada saat tidur, kewaspadaan kita terhadap sekitar akan menurun dan kecoa bisa saja masuk ke dalam tubuh, misalnya melalui mulut, telinga, dan hidung. Jika hal itu sampai terjadi, kecoa dapat merusak sistem tubuh manusia dari dalam. Proses mengeluarkan kecoa dari dalam tubuh juga tidak mudah, seperti kasus yang dialami wanita asal Amerika Serikat. Ia harus berkunjung ke banyak dokter sebelum akhirnya kecoa bisa dikeluarkan dari dalam telinganya.

Kecoa dapat Memicu Tifus

pixabay.com

Selain bakteri yang disebutkan sebelumnya, ternyata tubuh kecoa juga mengandung bakteri salmonella typhi. Bakteri ini merupakan penyebab penyakit tifus. Gejala dari penyakit tifus ini adalah demam tinggi, lemas, sembelit, pusing, batuk, dan tidak selera makan. Lebih bahayanya lagi, penyakit ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak diatasi dengan segera dan secara tepat.

Oleh karena itu, supaya terhindar dari bakteri yang dibawa oleh kecoa ini, kamu wajib mencuci tangan setelah buang air kecil dan buang air besar. Biasakan juga untuk mencuci tangan sebelum mengolah bahan makanan dan menyatapnya. Bahan makanan pun perlu disimpan di tempat yang aman dari kecoa, seperti di dalam kotak makan atau kulkas agar tidak terkena bakteri tersebut.

Pada Beberapa Kasus, Kecoa dapat Menggigit Manusia

pixabay.com

Meski sangat jarang, tapi ada kasus di mana kecoa menggigit bagian tubuh manusia. Hal tersebut biasanya terjadi saat kecoa merasa terancam. Gigitan kecoa ini menyerupai gigitan nyamuk atau kutu. Meskipun kecil, tapi rasanya sangat gatal dan bisa menimbulkan bengkak pada bagian kulit yang digigit. Apabila dibiarkan, gigitan kecoa ini dapat menimbulkan infeksi.

Sebagai informasi tambahan, kecoa yang berada di lautan dikatakan lebih ganas lagi, misalnya saja kecoa Australia dan Amerika yang bisa menggigit kuku manusia. Ngeri banget, ya!

Kecoa dapat Memicu Kecelakaan di Dalam Rumah

pixabay.com

Bagi orang yang jijik dengan kecoa, pasti akan panik saat melihatnya, baik dari dekat maupun dari kejauhan, apalagi kalau kecoa ini terbang dan menghinggapi bagian tubuh manusia. Nah, kehadiran kecoa yang tidak terduga saat kamu sedang melakukan suatu kegiatan bisa berujung pada kecelakaan, misalnya saat sedang menggoreng, kemudian ada kecoa yang terbang di depanmu. Secara reflek, tubuh akan panik dan berisiko menyenggol wajan berisi minyak panas yang dapat mengenai bagian tubuhmu. Di dunia ini, sudah cukup banyak kecelakaan yang disebabkan oleh kemunculan kecoa secara tiba-tiba.

Setelah membaca penjelasan di atas, jangan lagi remehkan kehadiran kecoa di dalam rumahmu. Satu ekor kecoa saja sudah membawa bahaya, apalagi kalau mereka berkembang biak di rumahmu? Selalu jaga kebersihan dan terapkan cara-cara efektif untuk mencegah dan mengusir kecoa dari dalam rumah. Yuk, mulai waspada dari sekarang!

Temukan aneka furnitur multifungsi dan space-saving di Dekoruma! Dekoruma jual kursi, lemari, sofa, dan kasur. Untuk kasur, tersedia dalam ragam merek. Dekoruma jual kasur The Luxe, Sleep Care, dan King Koil yang terkenal akan materialnya yang terbaik. Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!