Penghujung akhir tahun adalah saat yang tepat untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Setelah sibuk bekerja selama 12 bulan, saatnya kamu meregangkan otot dan menenangkan pikiran dengan melakukan liburan.

Untuk liburan dan kumpul-kumpul, kamu nggak harus pergi ke luar loh. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan menyediakan sajian yang berkelas, sambil di dekorasi dengan nuansa Natal atau ala artis.

Kamu bisa mengadakan pesta versi kamu sendiri dan mengundang orang-orang tersayang. Sebelumnya, Kania sempat sharing soal beberapa hal yang wajib kamu siapkan sebelum acara. Nah, tapi mungkin kamu masih kewalahan bagaimana cara membagi waktu dan tenaga untuk melakukan semuanya. Karena itu, Kania punya daftar lengkap dengan pembagian waktu yang bisa jadi panduan kamu!

 

H-3 Minggu

 

  • Buat daftar undangan

Daripada kamu mengira-ngira siapa saja yang mau diundang dan malah jadi kelupaan, ada baiknya kamu membuat daftar nama. Dengan ini, kamu bisa menghindari konflik antar teman, hehe. Selain itu, kamu juga bisa memperkirakan jumlah makanan yang perlu disiapkan.

 

  • Tentukan tema (bila perlu)

Memang tidak semua acara memerlukan tema. Akan tetapi, dengan membuat tema, tentunya acara jadi semakin menarik. Daripada bingung, kamu bisa membuat tema black and white ala dekoruma! Kamu bisa meminta para tamu undangan untuk menggunakan pakaian dengan dresscode hitam dan putih juga.

 

  • Kirim undangan

Sebaiknya, sebarkanlah undangan dari jauh-jauh hari supaya para tamu bisa menyisihkan waktu dan mempersiapkan pakaiannya. Tidak perlu mengirimkan undangannya langsung, kamu bisa mengirimkannya melalui chat atau menelepon langsung.

 

  • Rencanakan menu

Kamu bisa mulai memikirkan menu dari sekarang. Perhatikan juga apabila teman-teman kamu ada yang memiliki alergi tertentu. Untuk masalah makanan, kamu bisa mempertimbangkan antara memasaknya sendiri, menggunakan catering atau mengadakan potluck dimana setiap tamu membawa makanan untuk bersama-sama.

 

 

H-2 Minggu

 

  • Bersihkan alat makan dan serbet

Kalau kamu menggunakan set makan khusus yang sudah lama tersimpan di kabinet, sekarang saatnya kamu mulai mencucinya. Demikian juga dengan serbet dan taplak meja. Kalau kamu tidak mau repot, kamu bisa menggunakan alat makan kertas.

 

  • Buat sebuah playlist

Yes, apalah arti sebuah pesta tanpa musik? Meskipun kamu berencana membuat acara yang santai, ada baiknya kamu tetap mengadakan musik sebagai background. Pilihlah lagu yang sesuai dengan selera dan usia tamu undanganmu.

 

  • Mulai menyiapkan dekorasi

Kalau kamu sudah memilih tema, sekarang saatnya kamu mulai menyiapkan dekorasi. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri. Beberapa rekomendasi Kania untuk dekorasi simpel misalnya lampu natal, banner dan tassel.

 

H-1 Minggu

 

  • Bersihkan setiap sudut rumah

Tidak setiap sudut secara harfiah sih, hehe. Tapi ada baiknya kamu mulai menyicil beres-beres rumah. Rapikan barang-barang yang kurang berguna dan bersihkan area yang selama ini terbengkalai.

 

  • Tata furnitur di rumah

Apabila diperlukan, kamu bisa menata ulang furnitur di rumah untuk mengakomodasi para tamu yang datang. Kamu juga bisa mulai menentukan tempat untuk menaruh makanan, tempat untuk menaruh barang para tamu, dan sebagainya.

 

  • Mulai berbelanja makanan dan P3K

It’s never too early to shop! Kamu bisa mulai membeli bahan makanan beku (frozen food) dan juga makanan ringan. Satu hal yang sering terlewat oleh tuan rumah adalah P3K! Tak ada salahnya kamu berjaga-jaga dan membeli obat-obatan yang umum untuk acara kamu nanti.

 

 

H-3

 

  • Kabari tetangga

Yup, walaupun kamu mengadakannya di rumah sendiri, tidak ada salahnya kamu mengabari para tetangga. Mungkin saja kamu perlu meminjam lahan parkirnya. Dan lagi, musik yang kamu mainkan bisa saja sedikit lebih keras dari biasanya.

 

  • Saatnya mendekorasi

Yay, daripada rempong saat hari-H, sebaiknya kamu mulai mendekorasi dari sekarang. Kecuali kalau kamu memakai balon yang bisa kempes, tidak ada salahnya kamu memasang dekor dari sekarang.

 

  • Belanja bahan makanan

Kalau kamu memutuskan untuk memasak sendiri, sekarang saat yang tepat untuk berbelanja bahan makanan. Kamu juga bisa mulai memotong bahan-bahannya.

 

H-1

 

  • Mulai memasak

Yup, sebaiknya kamu memasak dari hari sebelumnya supaya saat hari-H kamu tinggal memanaskan dan menatanya. Kalau kamu memesan catering, jangan lupa mengonfirmasi ke penyedia jasanya ya.

 

  • Merangkai bunga

Kalau kamu berencana menggunakan bunga segar, kamu bisa mulai merangkai dari sore hari sebelumnya supaya kamu tidak rempong besoknya, hihi.

 

 

Hari-H

 

  • Selesaikan last-minute cooking

Karena kemarin sudah memasak, hari ini kamu tinggal melakukan sentuhan akhir dan menyajikannya dengan cantik.

 

  • Saatnya menata makanan

Selain makanan utama, jangan lupa mengeluarkan makanan ringan dan minuman segar. Jadi para tamu yang datang duluan bisa mengobrol sambil mengganjal lapar.

 

  • Sambut para tamu

Setelah semua persiapanmu sudah beres, sekarang SAATNYA BERPESTA!

 

Itu dia panduan super lengkap dari Kania supaya kamu bisa membuat acara yang luar biasa tanpa harus kelimpungan kesana kemari, hihi. Tenang saja, kamu nggak harus melakukan semua ini sendiri kok! Kamu bisa meminta bantuan kakak, adik, suami, istri, ataupun teman baikmu berkontribusi untuk kesuksesan acara akhir tahunmu.

 

Selamat berpesta!